Hotmix: Jalan Aspal Tahan Lama untuk Infrastruktur Perkotaan

Jalan raya yang sudah kita kenal sejak dahulu kala merupakan salah satu sarana bagi masyarakat untuk melakukan interaksi. Mereka menyadari sarana jalan raya akan memudahkan untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Di Indonesia dikenal ada tiga transportasi yaitu transportasi udara, transportasi laut, dan transportasi darat. Jalan raya merupakan salah satu sarana untuk transportasi darat. Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, ditemukan beberapa jenis bahan dan teknik yang biasa dipakai untuk jalan, salah satunya adalah Hotmix.

Hotmix merupakan material konstruksi yang banyak dipilih oleh jasa kontraktor umum untuk membangun perkerasan jalan di Indonesia. Bukan tanpa alasan, aspal jenis ini memiliki sederet keunggulan. Selain itu, jenis-jenisnya juga beragam dengan berbagai macam pengaplikasiannya di lapangan. Untuk mengenal lebih jauh aspal ini, kita akan menyimak aspek-aspek penting di dalamnya, mulai dari pengertian, komposisi, keunggulan, hingga jenisnya.

Definisi dan istilah

Secara teknis, pengertian aspal Hotmix adalah suatu kombinasi campuran antara bahan-bahan penyusun utamanya, yaitu agregat dan aspal. Campuran ini pun bisa ditambahkan dengan bahan aditif lainnya.

Dalam pencampurannya, permukaan agregat akan terselimuti oleh aspal sehingga menghasilkan gradasi yang seragam. Agregat yang kering dan tingkat kekentalan aspal yang mencukupi diperoleh dari memanaskan keduanya pada suhu tertentu.

Campuran beraspal panas memiliki sifat mekanis yang berasal dari friksi dan kohesi bahan-bahan penyusunnya. Friksi diperoleh dari ikatan (interlocking) antar partikel agregatnya dan kekuatan menurut gradasi, tekstur permukaan, serta bentuk dan ukuran maksimum agregat. Sementara kohesi didapatkan dari karakter aspal.

Oleh karena itu, aspal ini disebut juga aspal beton, atau lebih mudah dikenal dengan nama campuran beraspal panas atau aspal campuran panas.

Bahan penyusun aspal Hotmix adalah agregat kasar, agregat halus, filler (bahan pengisi), dan aspal pengikat. Sesuai namanya, campuran berbagai bahan ini dibuat dalam kondisi suhu panas yang sangat tinggi, yaitu 145°C–150°C.

Pembuatan aspal dilakukan menggunakan Asphalt Mixing Plant (AMP). AMP merupakan seperangkat mesin yang ditujukan untuk proses produksi campuran beraspal panas. PT. Aneka Dharma Persada memiliki mesin AMP dengan merk LINNHOFF.Setelah mengetahui lebih dalam, tidak heran jika aspal Hotmix dapat dikatakan sebagai material konstruksi yang ideal bagi perkerasan jalan. Sifat dan pembuatannya memang ditujukan agar sesuai dan mampu memenuhi spesifikasi yang dibutuhkan dalam pembangunan jalan aspal yang layak. Bila membutuhkan proyek dengan menggunakan aspal Hotmix jangan lupa untuk menggunakan jasa PT. Aneka Dharma Persada sebagai salah satu kontraktor Jogja dengan kualitas terbaik.

PT. Aneka Dharma Persada juga sebagai penyedia Readymix di Jogja dan penyedia beton Precast di Jogja.